HONDA ARISTA DEPOK

Jl. Margonda Raya No.368 A - Depok

Menu

Memilih Antara Beli Mobil Baru Atau Bekas ?

Saturday, July 12th 2014.

Jika seseorang dimintai pendapat, sudah pasti ia akan lebih merekomendasikan membeli sebuah mobil baru daripada membeli sebuahmobil bekas atau second. Alasannya sederhana, sebab dengan membeli mobil baru, sudah pasti kita tidak akan dipusingkan dengan kegiatan service atau perbaikan yang menguras banyak budget sebagaimana jika kita membeli sebuah mobil bekas atau second.Ditambah lagi, mobil baru memiliki garansi resmi dari dealer atau pabrik, jadi jika misal ada ketidakberesan dari mobil yang baru kita beli kita bisa mengklaimnya dengan garansi yang telah diberikan tanpa keluar biaya.

Tapi yang namanya membeli mobil baru tentu dana atau budget yang harus kita keluarkan tidak bisa dibilang sedikit, rata-rata harga on the road sebuah mobil baru paling murah harganya masih berada di kisaran 100 jutaan keatas. Jelas besarnya nominal tersebut akan terasa sangat memberatkan kita, terlebih lagi jika kondisi finansial kita tergolong pas-pasan. Meskipun sebenarnya kita bisa menyiasatinya dengan cara membeli secara kredit, baik melalui bank ataupun leasing, tapi jika besaran angsuran bulananya ternyata tidak sesuai dengan besaran penghasilan kita tetap saja cara tersebut akan terasa sangat memberatkan.

Opsi lain adalah dengan membeli sebuah mobil bekas atau second yang harga pasarannya jelas jauh lebih murah dibanding harga on the road sebuah mobil baru. Opsi ini terasa lebih masuk akal terutama bagi kita yang berpenghasilan pas-pasan. Toh, saat ini mobil bekas yang tersedia di pasaran juga banyak sekali macamnya, ada yang dari brand jepang, korea, ataupun eropa. Tapi yang namanya membeli mobil bekas tentu ada lebih banyak resiko menanti yang kemungkinan besar pasti akan kita alami. Resiko yang paling sering terjadi adalah kerusakan atau keausan part yang terjadi pada mobil. Dan jika kondisi ini benar-benar terjadi, membengkaknya pengeluaran bulanan untuk biaya service atau pergantian part tentu tidak bisa terhindarkan. Tapi jika kita mengerti mengenai teknik mesin serta teliti atau cermat ketika memilih, hal tersebut sebenarnya bisa sedikit diminimalisir . Sebab kita bisa menghindari membeli mobil bekas yang kondisinya kurang sehat. Lalu bagaimana jika kita tidak mengerti mesin sama sekali? Kita bisa menyiasatinya dengan mengajak orang lain yang mengerti mesin ketika memilih atau mengecek mobil bekas yang akan kita beli, bisa keluarga, teman atau kenalan bengkel service mobil langganan.

Jadi Mana yang Lebih Tepat, Membeli Mobil Baru atau Membeli Mobil Bekas?

* Membeli mobil baru adalah pilihan yang tepat jika:

1. Dana yang kita miliki mencukupi untuk membeli secara cash atau setidaknya besaran angsuran bulanan yang harus kita bayar jika kita membelinya secara kredit tidak lebih dari 30% dari penghasilan bulanan kita.
2. Tidak mau direpotkan dengan urusan service atau perbaikan
3. Ingin segera memiliki mobil keluaran terbaru

Membeli Mobil Bekas atau Second adalah pilihan yang bijak jika:

1. Dana yang kita miliki tergolong pas-pasan
2. Paham tentang mesin dan segala hal mengenai mobil
3. Memiliki banyak waktu luang untuk pergi ke bengkel jika misal mobil bekas tersebut ternyata kondisinya kurang baik. Sebab jika kondisi mobil bekas yang kita beli kurang baik, otomatis intensitas kita membawanya pergi ke bengkel service jelas akan sangat sering jika ingin mobil tersebut berjalan normal.
4. Tidak ingin banyak rugi akibat penurunan harga jual jika misal suatu saat kita hendak menjualnya kembali

 

Sumber : Brandmobil.com

Mobil Terbaru

Promo

Related Article Memilih Antara Beli Mobil Baru Atau Bekas ?

Monday 19 January 2015 | Uncategorized

Auto Bild – Jakarta Pertarungan yang seru untuk kelas Low Cost Green Car (LCGC) karena pesertanya mempunyai karakter yang mirip dan bersaing ketat. Namun dari lima kandidat…

Sunday 12 October 2014 | Uncategorized

Kita sering dipusingkan dengan pilihan membeli mobil dengan tunai atau kredit. berikut ulasan singkat  (dikutip dari detikfinance), yang mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan…

Saturday 22 November 2014 | Uncategorized

Tidak diragukan lagi Honda Mobilio sangat efisien / irit dalam konsumsi bahan bakar, hal ini terbukti dalam acara yang bertajuk ” Wisata Plus Honda Mobilio Tantangan…